Sabtu, 12 Juni 2010

membangun etika sedini mungkin

Banyak orang yang selalu mengkritik etika seseorang. Entah itu baik atau buruk. Namun apakah kita tau apa arti etika itu sebenarnya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).
Bagaimana etika yang baik itu kita lakukan di kehidupan sosial? Bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan etika yang baik?. Manusia sejak lahir memiliki etika tersendiri. Etika tersebut dibentuk dari lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga. Keluarga memberi contoh kepada kita bagaimana memberi pemberian dari orang lain dengan tangan baik, memiliki rasa menghormati sesama saudara (adik dan kakak), tidak bertengkar sesama saudara. Dari sinilah berawalnya pembentukan etika. Dibentuk dari pengaruh keluarga.
Seiring berjalannya waktu, manusia pun akan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Seseorang bergaul dengan siapa, dan bagaimana cara pergaulan itu, pastinya akan membentuk etika diri seseorang itu sendiri. Lingkungan juga berpengaruh setelah kita tumbuh dewasa dan membuat kita berfikir luas.
Contoh kasus, seorang anak balita di Malang, di umurnya yang masih kecil, dia sudah terbiasa merokok dan berkata kurang sopan kepada orang lain. Hal ini dipengaruhi dari lingkungan sekitar. Kurangnya proteksi terhadap anak tersebut dan lingkungan yang mendukung untuk berbuat buruk pun semakin kuat. Akhirnya banyak pihak yang prihatin terhadap si anak. Keprihatinan mereka pun mereka lakukan dengan membawa si anak ke rumah sakit. Di rumah sakit ini dilakukan perubahan pergaulan. Tidak ada orang yang bicara kotor. Tidak ada orang yang merokok, meskipun si anak menangis minta rokok, namun permintaan si anak akan dialihkan ke hal-hal yang positif, misal bermain mobil-mobilan, tidur, dan banyak hal lain yang positif untuk merubah etika dari si anak tersebut.
Bisa disimpulkan bahwa membangun etika sedini mungkin yaitu berasal dari keluarga, itu yang paling utama. Selanjutnya lingkungan sekitar yang akan membentuk etika kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut